Rabu, Desember 24, 2008

Muhasabah Diri ..

Yaa Allah …
Aku hanyalah sebutir pasir di gurun-Mu yang luas
Aku hanyalah setetes embun di lautan-Mu yang meluap hingga ke seluruh samudra
Aku hanya sepotong rumput di padang-Mu yang memenuhi bumi
Aku hanya sebutir kerikil di gunung-Mu yang menjulang menyapa langit
Aku hanya seonggok bintang kecil yang redup di samudra langit-Mu yang tanpa batas

Yaa Rahmaan …
Hamba yang hina ini menyadari tiada artinya diri ini di hadapan-Mu
Tiada Engkau sedikitpun memerlukan sembah sujudku
Akan tetapi hamba terus menggantungkan segunung harapan pada-Mu

Yaa A’ziiz …
Baktiku tiada arti, ibadahku hanyalah sepercik air
Bagaimana mungkin sepercik air itu dapat memadamkan api neraka-Mu
Betapa sadar diri ini begitu hina dihadapan-Mu
Jangan jadikan hamba hina dihadapan makhluk-Mu
Diri yang tangannya banyak maksiat ini,
Mulut yang banyak maksiat ini,
Mata yang banyak maksiat ini,
Hati yang telah terkotori oleh noda ini, memiliki keinginan setinggi langit
Mungkinkah hamba yang hina ini menatap wajah-Mu yang mulia

Yaa Ghoffur …
Aku fakir di hadapan-Mu tapi juga kikir dalam mengabdi kepada-Mu
Semua makhluk-Mu meminta kepada-Mu dan juga pintaku
Ampunilah aku dan sudara-saudaraku
yang telah banyak memberi arti dalam hidupku
Bahagiakanlah mereka mudahkanlah segala urusannya
Mungkin tanpa kami sadari, kami pernah melanggar aturan-Mu
Bahkan terlena dan tak mau tahu akan amanah-Mu
yang telah Engkau percayakan kepada kami
Ampunilah kami …
Pertemukan kami dalam surga-Mu dalam bingkai kecintaan kepada-Mu

Yaa Rauuf …
Siangku tak selalu dalam iman yang teguh
Malamku tak senantiasa dibasahi airmata taubat,
Pagiku tak selalu terhias oleh dzikir pada-Mu
Begitulah si lemah ini dalam upayanya yang sedikit
Janganlah kau cabut nyawaku dalam keadaan lupa pada-Mu
Atau dalam maksiat kepada-Mu

Ya Kariim …
Tutuplah aib kami dengan sebaik-baiknya penutupan
Jangan biarkan kami saling menyakiti sesama saudara
Jangan biarkan kami melewatkan Ramadhan ini
dengan iman dan amal yang tak mendapat ridha-Mu

Tidak ada komentar: